Kemajuan teknologi ikut membawa perubahan pada iklim bisnis di dunia. Saat ini kita bisa dengan lebih mudah memulai bisnis melalui internet. Bahkan bisnis ini tidak mengenal batasan waktu dan jarak. Tapi, bukan berarti semua pengusaha yang terjun dalam dunia bisnis online bisa dengan mudahnya meraih kesuksesan. Setidaknya, ada 7 kunci sukses pemasaran online yang harus diterapkan agar produk anda laris manis. Nah apa sajakah kunci sukses itu?
1. Buat toko online anda berada di halaman pertama
Membuat toko online anda berada di halaman pertama google tentunya sangat penting dilakukan. Karena dengan berada dihalaman pertama sesuai kata kunci yang anda bidik maka kemungkinan mendapatkan banyak pengunjung makin besar. Dan makin banyak pengunjung ke website atau toko online anda, maka makin besar pula potensi produk yang anda jual akan dibeli. Dan salah satu cara untuk menjadikan toko online anda berada di halaman pertama adalah dengan melakukan optimasi seo.
2. Maksimalkan Jaringan
Jaringan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan pemasaran online. Melalui jaringan yang anda bangun, info produk-produk yang anda pasarkan akan tersebar luas dan kemungkinan konsumen yang tertarik dengan produk tersebut juga semakin banyak.
Bangunlah network effect ini mulai dari tingkat yang paling sempit hingga yang paling luas. Seorang pebisnis online harus mampu membangun koneksi ini di awal pemasaran online. Anda harus bisa menjalin koneksi dalam lingkup yang kecil, namun suatu saat akan berdampak besar terhadap produk anda. Misalnya saja anda menjadi sponsor pada kegiatan pertunjukan seni tertentu dan sebagainya.
3. Buat konten marketing yang menarik
Membuat media pemasaran berupa content atau artikel yang menarik pada webste atau toko online adalah salah satu teknik pemasaran yang murah meriah dan cukup efektif. Siapapun bahkan bisa membuatnya dan kadang tak perlu menggunakan jasa ataupun bantuan pihak lain.
Misalnya saja yang paling sering kita lihat adalah bagaimana sebuah e-commerce produk kecantikan membuat tutorial makeup dengan menggunakan produk-produknya. Kemudian pengunjung yang menonton video itu akan tertarik mengunjungi situs website dengan alamat link yang telah dicantumkan.
4. Makasimalkan integrated digital marketing
Integrated digital marketing biasa disebut juga dengan istilah efek bola salju. Jika anda memperhatikan, bola salju yang awalnya kecil ketika menggelinding lama-lama akan berubah menjadi besar, semakin jauh dia menggelinding makin besar pula bola yang terbentuk.
Begitupun dengan bisnis, efek bola salju dalam bisnis adalah suatu teknik memulai usaha yang kecil secara konsisten. Walaupun awalnya kecil, namun jika anda telaten maka lama-lama bisnis anda akan menjadi besar karena telah dirintis secara berkala.
Rencana pemasaran dengan skema bola salju bisa saja diawali dengan sesuatu yang kecil tapi setiap langkah tersebut memiliki tujuan jangka panjang. Satu langkah pemasaran online harus terintegrasi dengan tujuan berikutnya. Usahakan setiap teknik marketing online yang anda lakukan selalu mengarah pada tujuan akhir bisnis anda.
5. Conversion
Cobalah untuk selalu memetakan perhitungan berapa persen orang yang berkunjung ke situs anda, berapa persen yang tertarik melihat produk yang anda jual, dan berapa persen pula yang akhirnya benar-benar membeli produk tersebut. Hal ini bisa menjadi suatu bekal untuk menentukan strategi marketing yang lebih efektif.
6. Platform understanding
Penjual perlu pola pikir yang fleksibel terkait dengan media sosial yang sedang menjadi tren saat ini. Sebagai pebisnis, anda diwajibkan untuk mengikuti perkembangan tren media sosial yang ada sebagai sarana marketing.
7. Tetapkan target
Selalu petakanlah target pasar dalam satu waktu tertentu. Hal ini karena tidak semua orang membutuhkan dan menginginkan produk anda. Oleh karena itu, buatah target pasar dari suatu kalangan tertentu untuk memudahkan “membidik” sasaran penjualan.
Itulah diatas 7 kunci kesuksesan marketing online yang penting untuk anda terapkan demi kesuksesan bisnis anda.