Liburan ke Jogja

Liburan ke Jogja

Liburan ke Jogja

Yogyakarta sempat mati suri setelah dilanda pandemi awal tahun 2020. Banyak tempat wisata yang tutup dan sepi pengunjung untuk mengurangi jumlah korban terpapar Covid-19.

Namun saat ini memasuki masa New Normal, mulai banyak tempat wisata di Yogyakarta yang siap untuk Anda kunjungi dengan protokol ketat. Supaya Anda aman selama berlibur di Yogyakarta, berikut ini beberapa tips paket liburan jogja yang bisa Anda ikuti

Tips Liburan ke Jogja di Masa Pandemi Covid-19

Cek Kondisi Kesehatan Tubuh

Sebelum berangkat ke Jogja pastikan kondisi badan Anda dalam keadaan sehat dan prima. Bila suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, tahan dulu keinginan Anda mengunjungi Jogja dan beristirahat.

Begitu juga jika Anda baru saja melakukan aktivitas yang padat selama beberapa hari. Lebih baik beristirahat sejenak agar imunitas Anda tetap terjaga baru melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Pilih Waktu Keberangkatan

Jika Anda berangkat ke Jogja menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk berangkat pagi-pagi sebelum subuh. Tujuannya agar Anda tidak bertemu banyak orang saat di perjalanan atau di rest area toll dan bisa tiba lebih cepat ke Jogja.

Namun bila Anda menggunakan kendaraan umum seperti pesawat dan kereta api, pilih jadwal keberangkatan yang sekiranya sepi. Biasanya pada pertengahan minggu atau hari kerja jadi hindari berangkat saat akhir pekan.

Pilih Hotel yang Memenuhi Standar Kesehatan

Pada masa New Normal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengeluarkan sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE). Sertifikat ini diberikan kepada hotel maupun tempat wisata yang memenuhi standar protokol kesehatan.

Ada banyak hotel serta penginapan di Jogja yang sudah mendapatkan sertifikat CHSE dari Kemenparekraf dan bisa Anda pilih sebagai akomodasi. Dengan begitu Anda bisa menginap dengan nyaman dan tenang selama liburan.

Kurangi Menggunakan Kendaraan Umum

Saat tiba di Jogja usahakan seminimal mungkin bepergian menggunakan kendaraan umum. Lebih baik sewa mobil dan motor yang tidak terlalu banyak orang dalam satu kendaraan jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi.

Bila terpaksa harus menggunakan kendaraan umum tetap gunakan masker dan jaga jarak dengan penumpang lainnya. Pilih rute terpendek menuju tujuan Anda dan jangan berlama-lama di ruang tertutup.

Hindari Makan di Ruang Umum Tertutup

Yogyakarta juga terkenal sebagai surga bagi wisata kuliner, sudah banyak rumah makan dan restoran yang menjadi langganan wisatawan. Lalu di masa pandemi ini, untuk mengurangi kerumunan Anda bisa memesan makanan untuk dibawa pulang.

Bila ingin menikmati makanan di tempat, ada banyak restoran dan rumah makan dengan konsep ruang terbuka yang bisa Anda nikmati. Saat makan jangan lupa untuk jaga jarak dengan pengunjung lain baik saat antre atau menikmati makanan.

Bawa Sendiri Perlengkapan Pribadi

Untuk berjaga-jaga selalu bawa perlengkapan pribadi seperti handuk, sikat gigi, sabun, dan lainnya meskipun di hotel sudah dipersiapkan. Jika memungkinkan, bawa juga peralatan makan sendiri seperti sendok, garpu, dan sedotan yang sudah banyak dijual.

Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir banyaknya sentuhan orang lain di peralatan yang akan Anda gunakan. Memang terlihat merepotkan namun semua demi kebaikan dan keselamatan.

Selalu Sedia Hand Sanitizer

Di masa New Normal selalu bawa Hand Sanitizer kemanapun Anda pergi, dan jangan lupa untuk sering digunakan. Mulai dari saat keluar kamar, masuk kendaraan, dan setiap kali selesai menyentuh apapun termasuk handphone.

Bila hand sanitizer tertinggal atau habis, hampir tempat wisata di Jogja telah tersedia fasilitas cuci tangan yang memadai. Anda bisa sering bercuci tangan dengan sabun di tempat tersebut, sambil Anda membeli hand sanitizer baru.

Datang Pada Waktu Sepi

Saat mengunjungi tempat wisata usahakan untuk datang di waktu sepi destinasi wisata tersebut. Misalnya mengunjungi Malioboro di pagi hari atau malam hari saat jalanan mulai sepi.

Jika mengunjungi rumah makan, datanglah diluar jam makan siang atau makan malam. Dengan begitu Anda tetap bisa menikmati makanan di tempat tersebut tanpa harus berkerumun.

Minimalkan Sentuhan

Usahakan juga untuk mengurangi menyentuh benda terlalu sering. Untuk transaksi, sudah banyak tempat yang bisa melakukan pembayaran menggunakan scan QR Code sehingga lebih praktis.

Siapkan saldo cukup di e-wallet Anda dan Anda bisa tetap berbelanja tanpa harus menyentuh uangnya. Jika terpaksa bertransaksi fisik, jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Selalu Pakai Masker

Kemanapun Anda pergi selalu gunakan masker kecuali saat Anda tidur atau di kamar mandi terlebih lagi bila berada di ruang umum. Berdasarkan anjuran dokter gunakan pula masker dobel yakni masker surgery dan masker kain yang dipakai berlapis.

Jangan lupa untuk sedia lebih dari satu masker cadangan di dalam tas untuk mengganti masker yang sudah digunakan. Usahakan pula penggunaan satu masker maksimal 8 jam sebelum nantinya diganti dengan yang baru.

Pilih Destinasi Alternatif

Yogyakarta memiliki banyak destinasi alternatif yang tidak kalah indah dengan tempat wisata populer lainnya. Misalnya saja pantai di Gunung Kidul, Anda bisa menemukan banyak pantai yang lebih indah dari Pantai Indrayanti dan Pantai Baron.

Jika Anda ingin berbelanja di Pasar Beringharjo mencari oleh-oleh, bisa langsung datang ke para pengrajin yang bisa jadi alternatif. Desa pengrajin perak di Kotagede, pengrajin kulit di Manding, dan pengrajin batik di Giriloyo bisa jadi pilihan Anda untuk berbelanja.

Selalu Rapid Antigen Saat Berangkat dan Pulang

Jangan lupa untuk selalu cek Antigen Covid saat liburan ke Jogja, tiba di Jogja, dan akan kembali ke tempat asal. Tujuan nya agar Anda bisa aman dan yakin bahwa perjalanan Anda ini bebas dari Covid.

Ada banyak fasilitas kesehatan yang bisa Anda pilih untuk melakukan pemeriksaan dengan biaya yang bervariasi. Selain sebagai syarat perjalanan, hasil Rapid Antigen ini juga bisa Anda gunakan untuk kontrol aktivitas Anda selama berkunjung.

Pantau Kesehatan Anda Selama Berkunjung

Di tempat-tempat umum Jogja seperti mall dan hotel terdapat fasilitas yang mewajibkan pengunjung melakukan scan QR Code atau barCode. Fasilitas ini digunakan untuk memantau kemungkinan kluster yang terjadi di tempat tersebut.

Sehingga saat ada salah satu pengunjung yang ternyata positif Covid-19, pemerintah Jogja bisa langsung menginformasikan hal tersebut kepada Anda. Jadi saat menemukan fasilitas tersebut jangan ragu untuk scan QR Code atau barCode melalui petunjuk petugas yang ada.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar bisa liburan dengan aman ke Jogja di masa pandemi. Jika Anda masih bingung dengan penginapan mana yang memenuhi standar kesehatan pemerintah, bisa gunakan Paket Wisata yang ditawarkan Biro Perjalanan.

Biro Perjalanan yang ada di Jogja seperti Salsa Wisata dan beberapa lainnya sudah menerapkan protokol kesehatan untuk para pengunjung. Mulai dari disediakannya hand sanitizer di mobil, mobil yang selalu bersih, hingga mengetahui tempat-tempat yang aman untuk Anda berlibur.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing lagi mencari akomodasi yang tepat dan aman selama di Jogja. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

0 Comments
Leave a comment