Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan Kelemahannya

gbmarketing

Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan Kelemahannya

Kalau dulu kita hanya mengenal pemasaran melalui media cetak, radio, atau televisi. Maka sekarang dunia bisnis juga dimeriahkan oleh sarana baru untuk promosi produk mereka. Dan sarana yang dimaksud adalah digital marketing. Nah lantas, apa sih sebenarnya digital marketing itu? Apa pula kelebihan dan kekurangan dari digital marketing?

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai pemasaran digital. Kegiatan ini adalah suatu usaha pemasaran dan memasarkan sebuah merk (brand) dengan menggunakan berbagai media digital misalnya saja seperti internet.

Digital marketing menjadi begitu populer di kalangan pebisnis seiring dengan pertumbuhan dan kemajuan teknologi komunikasi. Dengan banyaknya pengguna internet di seluruh dunia, digital marketing dianggap menjadi salah satu cara yang paling jitu untuk memasarkan sebuah produk atau brand. Selain itu, saat ini internet sudah menjadi market place tersendiri bagi para pelaku bisnis.

Ada berbagai macam pengertian digital marketing menurut para ahli seperti :

1. Urban (2004)

Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk meningkatkan dan memperluas fungsi pemasaran tradisional.

2. Coviello, Milley, Marcolin (2001)

Digital marketing yaitu penggunaan internet dan teknologi interaktif lain guna membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumennya yang telah teridentifikasi.

3. Ridwan Sanjaya dan Joshua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan website, blog, atau media sosial.

Keuntungan Digital Marketing

Dalam dunia usaha, siapa yang tidak bisa mengikuti arus perkembangan zaman akan tertinggal semakin jauh. Bahkan bisa saja usahanya tetap stagnan atau bangkrut. Sama halnya dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Karena saat ini sudah masuk pada era digital untuk langkah bisnis online bagi pemula sangat mudah, maka setiap pengusaha pastinya wajib mengikuti arus digital ini.

Digital marketing banyak memiliki keuntungan bagi pihak pengusaha, misalnya saja seperti :

  • Mampu menghubungkan produsen dengan konsumen melalui internet.
  • Menghasilkan tingkat penjualan yang lebih tinggi karena semakin sempitnya batasan jarak dan waktu.
  • Biaya digital marketing jauh lebih hemat daripada biaya iklan di media lain (misalnya cetak, televisi, atau radio).
  • Digital marketing juga membuat penjual bisa memberikan pelayanan real time kepada pelanggannya.
  • Menghubungkan penjual/pengusaha dengan pelanggannya melalui perangkat mobile dimanapun dan kapanpun.
  • Menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada biaya iklan/promosi yang telah dikeluarkan.
  • Membantu menstabilkan posisi sebuah brand/merk di mata konsumen dari merk/brand lain sebagai pesaingnya.
  • Membantu para pengusaha mikro untuk mampu bersaing dengan perusahaan makro.
  • Mempersiapkan para pengusaha mikro atau pemula terhaadap era internet of things dimana semua hal atau apapun yang diinginkan bisa diperoleh melalui internet.
  • Memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pengusaha untuk melakukan branding terhadap produknya sehingga dikenal dan mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mudah beralih ke produk lain.

Kelemahan Digital Marketing

Meskipun menjanjikan segudang kelebihan, tapi ternyata digital marketing juga memiliki beberapa kelemahan seperti :

  • Konsep pemasaran online ini mudah sekali ditiru oleh orang lain.
  • Era e-commerce juga memunculkan banyak sekali pesaing, karena sudah tidak ada batasan teritori lagi yang bisa menghambat suatu perusahaan memasarkan produknya. Banyak perusahaan bisa saja memasarkan produknya di dalam lingkup area geografis yang sama.
  • Ada berbagai produk tertentu yang belum tentu cocok jika dipasarkan melalui media online.
  • Jika ada reaksi balik yang negatif dari konsumen yang muncul di internet, ini bisa merusak reputasi perusahaan dengan cepat.
  • Digital marketing terlalu bergantung paada teknologi.
  • Belum semua kalangan saat ini melek teknologi internet. Digital marketing hanya bisa diterapkan maksimal pada generasi usia produktif yang mayoritas melek teknologi.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, kelebihan, serta kelemahan dari digital marketing.

error: Content is protected !!