Instagram merupakan apilkasi pendahulu Path, yang ditujukan untuk memudahkan sharing foto dan masih booming sampai sekarang. dari data hasil survey yang dilakukan sepanjang tahun 2016 saja pengguna aktif di Instagram mencapai angka sekitar 22 juta, melebihi popularitas Twitter. dan fakta tersebut, tentu merupakan peuang bagus bagi pebisnis online dan pemilik-pemilik brand untuk mempromosikan produk mereka di Instagram.
Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar produk yang Anda promosikan di Instagram laku keras:
1. Kelengkapan Akun dan Ketentuan Tema
Pastikan akun Instagram Anda lengkap keterangannya mulai dari biodata, foto profil serta cantumkan alamat website jika ada. Akun Instagram yang informasinya lengkap akan diperhitungkan oleh pembeli
Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk menentukan tema atau konsep apa yang akan Anda pakai untuk promosi. Tema atau konsep yang konsisten akan mempermudah pembeli mengingat ciri khas dari akun Instagram Anda.
2. Kualitas Foto
Pilihlah foto yang memang benar-benar foto asli dari produk yang Anda promosikan. Selain itu, pilih foto yang beresolusi tinggi agar foto terlihat jelas. Foto yang Anda posting harus unik dan menarik. Agar terhindar dari ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab, jangan lupa untuk selalu menyertakan watermark pada foto hasil postingan Anda.
3. Hashtag (#)
Hashtag berfungsi untuk mengkategorikan produk yang ada di semua postingan Instagram, bahkan sampai luar Indonesia. Hashtag bertujuan untuk memudahkan pencarian postingan Anda diantara semua postingan produk para pengguna Instagram. Gunakan hashtag yang spesifik untuk memudahkan pencarian.
4. Postinglah Secara Konsisten
Usahakan untuk memposting produk yang Anda promosikan secara konsisten agar selalu terlihat eksis. Pasti pembeli akan malas menghubungi Anda jika postingan terakhir Anda (misalnya saja) sudah seminggu yang lalu
5. Cari sebanyak mungkin Followers
Mendapat followers yang banyak butuh perjuangan. Terlebih dahulu carilah akun yang menjual produk yang sama, dan akun tersebut juga harus banyak followersnya. Setelah itu follow semua akun yang memfollow akun tersebut, lakukan secara berkala agar tidak diblokir pihak Instagram.
Bila sekiranya sudah cukup yang difollow, segera kunci akun Anda (setting menjadi privasi). Mengunci akun bertujuab agar akun yang Anda follow tadi penasaran dengan produk apa yang Anda jual, dan pada akhirnya akan memfollow akun Instagram Anda.
6. Diskon
Siapa yang tidak tergiur dengan diskon atau promo? Setelah mendapati banyak followers, bagikan diskon yang menarik. Selain menarik pembeli, diskon juga ditujukan untuk mengambil alih beberapa followers akun lain karena produk yang Anda jual ternyata lebih murah dari kompetitornya.
7. Pajang Testimoni
Testimoni atas kepuasan pelayanan dan kualitas barang yang Anda jual menjadi nilai plus tersendiri. Semakin banyak testimoni, maka semakin terpercaya akun Anda dalam menjual produk.
8. Sistem Promosi
Sistem promosi “siapa yang cepat dia yang dapat” masih dianggap efektif sampai saat ini. Setelah barang yang dipromosikan habis terjual, Anda bisa menerapkan sistem PO (pre-order) untuk jenis produk yang sama, dan dalam beberapa waktu ke depan baru bisa diterima.
9. Endorsement
Manfaatkan beberapa selebgram (akun pribadi seseorang yang mempunyai banyak followers) untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Jika produk yang Anda jual dipromosikan oleh selebgram, maka akan mempengaruhi pandangan orang untuk memutuskan membeli produk Anda juga.
10. Respon
Jangan lupa untuk merespon dengan baik dan ramah setiap pertanyaan pembeli. Kesan baik dan ramah juga bisa mempengaruhi penjualan produk Anda. Anda juga pasti malas kan untuk berbelanja di online shop yang penjualnya tidak ramah pelayanannya?
Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana tips berpromosi menguntungkan di Instagram? tunggu apa lagi segera terapkan tips diatas untuk memaksimalkan penjualan produk anda.
0 Comments