Strategi Marketing Online Yang Efektif Bagi UKM

Strategimarketing

Strategi Marketing Online Yang Efektif Bagi UKM

Berbisnis dengan skala UKM memang membutuhkan pertimbangan yang matang dalam berbagai hal. Mulai dari efisiensi bahan, modal, hingga ke strategi pemasaran harus dipikirkan dengan baik agar UKM tersebut tetap dapat berjalan.

Beruntungnya, saat ini dunia sudah terhubung dengan jaringan internet yang semakin memudahkan masyarakat untuk mempromosikan produk/bisnis UKM-nya dengan biaya yang relatif terjangkau. Tapi, walau begitu Anda tetap harus memperhatikan strategi marketing online yang tepat, agar usaha Anda bisa berkembang dengan maksimal.

Strategi Marketing yang Efektif untuk UKM

1. Gunakan Sosial Media
Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone. Dan dengan smartphone tersebut bisa dipastikan mereka memiliki akun media sosial. Bahkan 1 orang bisa memiliki berbagai jenis akun media sosial yang setiap hari selalu dikunjungi. Nah, manfaatkanlah ini sebagai tempat promosi atau pemasaran untuk produk yang Anda jual.

Pada tahap awal, Anda bisa memanfaatkan metode promosi gratis dengan memanfaatkan followers atau teman facebook Anda. Kemudian jika usaha terus berkembang, Anda bisa mencoba menggunakan layanan ads berbayar yang disediakan oleh media sosial. Biaya pemasangan iklan di media sosial ini ternyata jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan koran, radio, atau televisi.

2. Membuat Kontes Atau Kuis
Ingin halaman/akun UKM Anda lebih dikenal banyak orang? Atau Anda ingin memperkenalkan produk baru dari UKM Anda? Maka cara yang cukup jitu adalah dengan menyelenggarakan kuis atau kontes online.

Saat ini banyak sekali pelaku usaha yang sering mengadakan kontes “give away” produk mereka dengan syarat dan ketentuan tertentu. Biasanya peserta kuis harus me-share dulu postingan akun penyelenggara, kemudian mem-follow halaman UKM tersebut, dan kemudian mengajak teman-teman mereka untuk mengikuti kuis juga. Pastinya dengan adanya kuis ini, akan ada proses pemasaran/iklan berantai dari satu peserta ke peserta lain, yang membuat produk Anda semakin dikenal. Sangat mudah bukan?

3. Cobalah Untuk Mengikuti Ajang Kontes UKM
Ikutkanlah UKM Anda ke berbagai ajang kontes penghargaan bisnis yang sesuai kriteria. Jika Anda berhasil lolos sampai ke tahap final dan menang, maka kredibilitas UKM Anda otomatis akan naik. Calon konsumen pun akan lebih percaya dengan produk Anda. Apalagi jika ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh bank dan media masa.

4. Menjadi Sponsor Acara
Cara ini adalah strategi marketing yang paling mainstream namun patut Anda coba. Dengan menjadi sponsor acara tertentu, pastinya akan banyak orang yang melihat nama UKM dan produk Anda. Jangan lupa sertakan pula nomer kontak Anda, agar yang tertarik bisa langsung menghubungia Anda.

5. Mendapatkan Koneksi Media
Media online pastinya butuh bahan untuk ditulis dalam berita atau artikel mereka. oleh karena itu, usahakan Anda menjalin kerjasama dengan media online. Siapa tahu ternyata konsep UKM atau produk Anda cukup menarik untuk diulas dalam website mereka. Jika begitu, tentunya akan lebih banyak lagi yang mengenal produk Anda.

6. Manfaatkan Review Produk
Tak kenal maka tak sayang. Kalau dalam ilmu bisnis, tak kenal maka tak beli. Oleh karena itu, usahakanlah agar calon konsumen Anda mengenal produk dengan baik. Bagaimana caranya? Apakah harus membagikan sampel produk satu persatu kepada masyarakat?

Ternyata ada cara yang lebih efektif yaitu dengan membuat review online. Anda tinggal membangun kerjasama dengan pihak penyedia jasa review produk online. Melalui hasil review merekalah masyarakat luas akan mengenal manfaat produk Anda. Biaya marketing dengan jasa review pun tidak terlalu mahal, tapi pastikan Anda tetap memilih bekerjasama dengan pihak-pihak yang profesional.

Itulah diatas 6 strategi marketing online yang murah bagi bisnis UKM Anda. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!