Tips dan Strategi Pemasaran di Facebook

facebook marketing

Tips dan Strategi Pemasaran di Facebook

Menurut data yang berhasil dikumpulkan oleh berbagai lembaga penelitian, Indonesia termasuk negara pengguna Facebook terbesar yang angkanya hampir menembus 60 juta di awal tahun 2014 kemarin. Dan pastinya terus bertambah sampai saat ini. Pengguna Facebook terdiri dari semua kalangan, dan berbagai umur. Maka dari itu, Facebook masih dianggap sebagai wadah pemasaran yang efektif sampai sekarang.
Nah, buat anda para pebisnis, berikut ini strategi pemasaran terbaik di Facebook yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan penjualan produk anda:

1. Facebook Fanpage

Selain membuat akun pribadi sebagai akun personal, sebaiknya buat akun Facebook untuk fanspage. Akun fanspage Facebook ini dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Facebook fanspage mempunyai kelebihan bisa menampung teman dalam jumlah lebih banyak dan juga memiliki kapasitas like tak terbatas.

2. Kelengkapan Info Fanspage

Lengkapilah info mengenai nama brand Anda, pasang foto profil yang jelas dan orisinil (bukan hasil comot foto orang lain dan pilih gambar yang sopan), pilih cover fanspage yang menarik, jelaskan secara lengkap tentang deskripsi produk atau bisnis yang Anda jalankan beserta informasi mengenai alamat dan juga kontak yang bisa dihubungi.

3. Perencanaan Konten

Strategi pemasaran bisa terarah dengan baik jika konten yang terkandung terencana dengan sangat baik juga. Isi konten tersebut bisa berupa tips, kutipan, link artikel, beserta gambar yang unik dan menarik. Kemudian status yang diupdate hendaknya berisikan produk yang dijual, bisa juga promo produk tersebut.

4. Penjadwal Status Otomatis

Penjadwal status otomatis digunakan untuk mempermudah update status secara otomatis pada saat kita sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk memposting iklan. Penjadwal status otomatis dirasa efektif digunakan ketika Anda masih pemula dalam membuat fanspage, dan belum terlalu banyak fans.

5. Percakapan Aktif

Percakapan merupakan suatu hal yang penting yang harus dibangun dan dijaga dengan baik agar hubungan antara penjual (Anda) dengan para fans tetap terjaga dengan baik juga (harmonis). Respon positif atas suatu percakapan dari fans akan membuat fans nyaman berbelanja di fanspage Anda, dan bisaj uga mempengaruhi minat orang lain untuk berbelanja di fanspage Anda.

6. Gunakanlah Iklan Facebook

Agar jumlah like di fanspage Facebook Anda meningkat, Anda bisa menggunakan iklan Facebook. Iklan Facebook juga memudahkan kerja kita dalam membidik target di pasaran berdasarkan jenis kelamin, daerah tertentu ataupun usia-usia tertentu dan lain sebagainya.

7. Facebook Marketing

Selain menggunakan penjadwal status otomatis seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Anda juga bisa membentuk atau merekrut beberapa orang yang tergabung dalam suatu tim untuk secara bergiliran dan terjadwal memposting produk yang akan Anda jual. Tim ini juga berguna agar postingan di fanspage Anda terposting secara teratur dan konsisten.

8. Measurement (pengukuran) efektivitas

Fitur measurement (pengukuran) pada fanspage Facebook Anda bisa Anda temukan tepatnya di sebelah kanan atas dari tampilan fanspage. Anda perlu melakukan pengukuran secara rutin dan teratur. Pengukuran ini dimaksudkan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah Anda jalankan.. Pengukuran bisa juga digunakan untuk mengukur efektivitas strategi yang sudah Anda jalankan.
Beberapa pendekatan yang perlu Anda lakukan adalah pengukuran terhadap pertumbuhan jumlah fans, jangkauan, efektivitas status, viral dan juga persebaran demografinya.

Demikian beberapa strategi pemasaran terbaik di Facebook yang bisa Anda contoh jika Anda berencanan menjalankan bisnis online via Facebook. Semoga bermanfaat.

0 Comments
Leave a comment

error: Content is protected !!